Gerhana Matahari Total Akan Terlihat Jelas Di 5 Kota Ini.


Gerhana Matahari via smeaker.com

Cyber SpenzaphaGerhana matahari total yang diprediksi akan terjadi pada 9 Maret 2016 melewati beberapa kota di Indonesia. Masyarakat yang antusias tentu dapat menyambangi kota-kota ini. Lantas, di mana sajakah kita dapat melihat gerhana matahari total 2016? Pukul berapa kita dapat menyaksikannya? Berapa lama durasinya?

1. Palembang

 Gerhana Matahari Total (liputan6.com)
Kota Palembang barangkali adalah kota pertama yang akan ‘disinggahi’ oleh fenomena gerhana matahari. Fenomena gerhana matahari dapat kamu saksikan pada pukul 7.20 WIB. Di Palembang, gerhana akan berlangsung selama 1 menit 52 detik.

2. Balikpapan

 Gerhana Matahari (dw.com)
Di Sumatera, gerhana matahari akan melewati kota Balikpapan. Masyarakat Balikpapan dapat menyaksikannya pada pukul 8.33 WITA. Di Balikpapan, gerhana matahari akan berlangsung selama 1 menit 9 detik.

3. Belitung

 Gerhana Matahari (liputan6.com)
Menyaksikan gerhana matahari tentu akan lebih asyik bila dibarengi dengan liburan. Jadi, tidak ada salahnya kamu berlibur ke Belitung sebelum tanggal 9 Maret 2016 karena gerhana matahari akan melewati kota ini. Di Belitung, gerhana akan berlangsung pada pukul 7.22 WIB, tepat satu menit setelah wilayah Bangka. Durasinya pun relatif lebih lama, yaitu 2 menit 10 detik.

4. Palangkaraya

 Gerhana Matahari (blogspot.com)
Gerhana matahari juga akan melewati Palangkaraya. Di kota ini, gerhana akan berlangsung selama 2 menit 29 detik. Bila kamu tinggal di Palangkaraya, ingat untuk keluar rumah pada pukul 7.28 WIB, ya. Jangan lupa, siapkan kacamata khususmu karena gerhana ini tidak boleh dilihat dengan mata telanjang!
 5. Luwuk
 Gerhana Matahari (suara.com)
Mau menyaksikan gerhana matahari dengan durasi paling lama? Barangkali, Luwuk yang berjarak 607 km dari kota Palu, Sulawesi Tengah, adalah tempat yang tepat. Di Luwuk, gerhana matahari akan berlangsung selama nyaris 3 menit, alias 2 menit 50 detik! Nah, di Luwuk, gerhana matahari bisa disaksikan pada pukul 8.41 WITA.
Jadi, mau menyaksikan gerhana matahari total di kota manakah dirimu?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment