#BatikIndonesia Bisa Mendunia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya dengan beragam akan seni dan kebudayaannya, salah satunya ialah batik. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Dari barat sampai timur pulau Jawa, akan ditemukan berbagai macam corak dan jenis batik yang berbeda..



            Pembeda antara batik Indonesia dengan batik-batik dari negara lain adalah teknik pembuatannya, karena menggunakan canting. Selain itu motif pada kain batik kita juga sangat berbeda dengan negara lain, dan hanya batik Indonesia yang memiliki filosofi tersendiri.

http://google.com/
Ketua Dewan Pakar Yayasan Batik Indonesia, Prof Rahadi Ramelan mengatakan, untuk memenuhi kriteria yang disyaratkan WWC nan ketat, hanya Yogyakarta yang paling mungkin memenuhi. Sementara itu, Ketua Asosiasi Kerajinan Thailand juga mantan President WCC, Surapee Rojanavongse menilai kinerja positif Kraton Yogyakarta dalam pengembangan kerajinan khususnya batik sehingga memberi manfaat bagi masyarakat, yang menurutnya mendukung dan sangat layak ditetapkan sebagai kota batik dunia.

http://www.batikdistro.com/
Nah,untuk pengenalan batik di Indonesia, ada  nih yang  harus dibanggakan oleh kita sebagai warga negara Indonesia, yaitu adanya kota Jogja yang sudah dikenaloleh mata dunia dengan sebutan “Jogja Kota Batik Dunia”. Bagi yang belum mengetahui,  Dewan Kerajinan Dunia atau World Craft Council (WCC) menobatkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia atau 'World Batik City' bersama-sama dengan Dongyang di China yang juga dinyatakan sebagai 'World Woodcarving City' dan Donique di Chili yang dinyatakan sebagai 'World City of Chamanto'. Penobatan tersebut dinyatakan dalam bentuk pemberian Plakat Pengakuan yang diserahkan WCC yang bertepatan dengan acara pembukaan WCC Golden Jubilee Celebration Summit yaitu memperingati 50 tahun berdirinya WCC.

Penghargaan diserahkan Presiden WCC Wang Shan kepada HRH GKR Pembanyun. Batik sebagai karya tradisional Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogyakarta. Selain memiliki seni tinggi serta sejarah tak ternilai, batik telah mampu memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat Kota Budaya tersebut.

Sebelum penetapan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia, tim penilai Dewan Kerajinan Dunia telah meninjau sentra batik tulis di kota tersebut, sehingga tim melihat langsung seluruh rangkaian proses pembuatan batik tulis, sebagai bahan penilaian.

Seiring berjalannya waktu, keunikan batik tidak hanya di aplikasikan pada kain mori saja. Kini produksi batik semakin kreatif, anda bisa menemukan batik di tas, sepatu, kaos, sweater, dress, hem, dan lain sebagainya yang bisa anda temukan saat berwisata belanja.

Semua orang pasti tahu batik. Batik merupakan warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang masih terjaga hingga saat ini. Pada dasarnya batik adalah seni menggambar diatas kain yang membentuk suatu pola-pola yang bernilai seni.
Kita sebagai warga negara Indonesia patut berangga engan keberadaan batik sebagai salah satu ciri khas bangsa kita. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dibanggakan dari batik kita:
1.        Sebagai Warisan Budaya Dunia.



Pada tanggal 02 Oktober 2009 UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atauMasterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Penetapan oleh UNESCO mengenai keunikan Batik ini juga meliputi keseluruhan teknik membatik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya terkait.

2.        Terdapat Festival Batik di Tiap Daerah di Indonesia.
Mulai Festival Batik Nusantara, Solo Batik Carnival, Solo Batik Fashion, Festival Batik Pekalongan, Festival Batik Semarang, Festival Batik Jawa Timur, Festival Batik Jawa Barat, Festival Batik Kontemporer, Festival Batik Nasional, Pekan Batik Nasional, Pekan Batik Internasional, dan Indonesia World Batik Summit.

3.        Batik Indonesia Berbeda.
Pembeda antara batik Indonesia dengan batik-batik dari negara lain adalah teknik pembuatannya, karena menggunakan canting. Selain itu motif pada kain batik kita juga sangat berbeda dengan negara lain, dan

http://google.com/


4.        Digunakan oleh orang terkenal.

www.bola.com
Batik pertama kali diperkenalkan dan dipopulerkan oleh Presiden ke-2 RI yaitu Bapak Soeharto pada saat menghadiri konferensi PBB. Selain itu , batik juga digunakan oleh artis terkenal Hollywood dan Tokoh Dunia,seperti Bill Gates, Jessica Alba, dan Adam Clayton (bassist U2) saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat. Jessica mengenakan batik saat menghadiri red carpet Step-Up’s Fourth Annual Fashion Forward Luncheon.

Nah mungkin cukup sekian pembahasan saya mengenai batik hari ini. Dan saya juga berharap bisa berpatisipasi dalam Jogja International batik Biennale (JIBB) 2016 dengan adanya artikel ini. Jangan lupa Klik tinggalkan saran dan tanggapan anda dan jangan lupa untuk SUBSCRIBE THIS BLOG .

                                           
Previous
Next Post »
Thanks for your comment