Bagaimana Untuk Menghadapi Tanggal Tua

BERBAGI PENGALAMAN & TIPS
BAGAIMANA untuk MENGHADAPI TANGGAL TUA
mataharimall-kompetisi

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X Matahari Mall. Yang diselenggarakan oleh Shop Coupons. vouchermataharimall dan hadiah disponsori oleh Matahari Mall.

Kompetisi Blogger Ceritamu di Tanggal Tua "Ini Cerita Budi, Mana Ceritamu?"


Dulu waktu jaman kuliah sebagai anak kost yang jauh dari keluarga memang harus pinter-pinter mengatur keuangan. Yaa, kalau untuk urusan mengatur keuangan memang agak sulit ya kawan. Apalagi kalu memang uang kita sedang tipis – tipisnya kan.

Namun jangan khawatir sobat disini saya mau bercerita tentang pengalaman saya waktu masih hidup single dulu, waktu itu saya masih anak sekolahan sih. Mungkin cerita ini mirip cerita si budi yang videonya ada di bawah tulisan ini, yang bisa di jadikan inspirasi para mahasiswa atau pekerja di rantauan. Oh, udah beda kali ya. Hehehe

Nih tonton video nya yaa sobat.

#JadilahSepertiBudi


Waktu itu sekitar tahun 2012 – 2013-an sih saat saya masih menjadi anak sekolahan. Waktu itu saya dikasih uang saku dari orang tua saya hanya 400.000 saja untuk waktu 1 bulan penuh. Mungkin kalau anak sekarang uang segini gak cukup kali ya? Belum lagi untuk beli quota smartphone dll.
Pada saat itu saya memang pada awal bulan terlihat seperti orang yang ber-uang dan seperti orang kaya. Tapi semakin menuju ke tanggal tua saya agak merinding sobat, gimana mau nggak merinding coba, uang sudah menipis apalagi masih banyak keperluan di sekolah dan masih lama juga tanggal muda di awal bulannya.

Namun saya ketika itu tidak banyak mengeluh dan saya pun tetap mensyukuri atas apa yang telah di berikan- Nya kepada saya. Akhirnya dengan banyak bersyukur dan berdoa keapada – Nya saya pun menemukan jalan atas masalah tanggal tua saya sobat. Waktu itu saya berinisiatif ingin untuk berusaha membuat barang/benda/bahan makanan yang sedang nganggur untuk dibuat sesuatu hal yang bermanfaat kawan.

Setelah saya berhasil memanfaatkan apa saja yang ada disekitar saya, saya pun akhirnya menjual hasil karya saya ke beberapa warung/toko terdekat, dan alhamdulillah karya saya laku dan terjual habis. Jadi saya dapat menambah pendapatan saya untuk menghadapi tanggal tua. Sekarang saya tidak takut lagi dengan adanya tanggal tua.

Jadi disini saya mau berbagi tips gimana supaya para pembaca blog ini agar tetep eksis& keren abis ketika Tanggal Tua, apalagi kalau kalian yang sudah bekerja dan  gajinya Cuma satu koma atau dua koma?, kiamat sebelum waktunya deh.

Nah sekarang langsung dulu aja kali ya , saya akan kasih tipsnya untuk kalian para koster ( bahasa asing ) dan pelajar ya.:)

Belanja Awal Untuk Keperluan Satu Bulan

Sebagai anak kuliahan yang uang sakunya mepet:), belanja untuk keperluan bulanan selalu di lakukan diawal bulan, apalagi seorang cowok tidak terlalu membutuhkan banyak iniitu di kost, palingan keperluan untuk alat kebersihan diri dan kost seperti pasta gigi, sabun, parfume dll, tentunya pilih dengan kapasitas cukup untuk satu bulan.Nah jadi untuk kalian anak kost jangan terlalu boros untuk mengawali bulan anda.

Sisihkan / Tabunglah Uang di AwalBulan
                                 
Menyisihkan uang saku dari orang tua adalah wajib hukumnya bagi saya, dengan uang 400.000 selalu saya sisipkan 50.000 ribu untuk di tabung, jadi sisanya masih 350.000, banyak yang bilang : “bisa nggak hidup dengan uang 100.000 ?” aku jawab ya bisalah :)), makan aja dibikin dua kali saja sehari , itu pun hanya makan mie doang, kalau nggak ya nasi kecap pake tempe & telur + krupuk . :v


Menghemat Uang Makan Anda



Ciri khas anak kost yang dari perantauan adalah irit uang makan, mungkin kalau saya sih masih terjangkau ,bayangkan saja yang luar kota tapi pas –pasan uang sakunya, strategi ini saya meniru dari mereka-meraka yang hidupnya prihatin untuk kuliah, pokoknya sederhana deh. Misalnya makan dua kali sehari ,itu pun di warteg atau rumah makan padang versi mahasiswa. Kalau pas lagi kepepet pengen makan enak ya kewarung padang pake kuah saja dan lauknya cukup tahu tempe😀, terus makannya dibuat dua kali. Semua ini saya lakukan supaya cukup hingga akhir bulan alias tanggal tua. Tapi mungkin untuk anak sekolahan bisa lebih hemat ya, kan makan masih dirumah ( dimasakin ama emak ) , wkwkwkw

Jangan menyepelekan Uang Receh
    

Jangan pernah sepelekan uang receh, mulai dari pecahan 100,500,1000 hingga 2000. Uang receh yang saya simpan dari kembalian adalah penyelamat ketika kita butuh. Nah, buat kamu yang selama ini agak memandang “sepele” pada uang pecahan logam, baiknya kamu mengetahui kalau uang koin kamu juga punya kekuatan yang selama ini tidak kamu bayangkan lho. Seperti saat kita parkir , alat Pembayaran yang Pas , alat belajar menabung. Nah dan saat kita masuk angin , bisa berguna tuh uang koinnya , tahu sendiri kan buat apaan? Hehehe.

Tapi ketika lagi menjelang tanggal tua, jangan sampe kalian kehilangan konsentrasi, karena bisa parah jadinya. Apalagi kalo lagi lihat label aqua , kaya ada manis – manisnya gitu lha wong kayak uang 50.000 kok. Ada yang pernah kayak gini?

Hindarilah Hutang

Nah untuk tips yang satu ini jangan sampe di lewati / tidak dilakukan ya , karena hutang bukan hanya urusan dunia saja broo, di akherat juga. Tuh kan, bisa merugikan diri sendir dan orang yang kita hutangi :v. Apalagi untuk seorang pelajar,jangan sekali – kali dehh. Ada banyak kok cara menghindari hutang, coba cari dipostingan saya sebelumnya ya.

Menggunakan alat komunikasi Sperlunya saja

Pulsa dan Internet adalah wajib bagi saya dulu, apalagi mahasiswa sekarang yang gak bisa lepas dari gadget yang bisa menguras pulsa dan quota data internet, tentunya semua itu membutuhkan biaya. Strategi saya jaman sekolah dulu adalah, kalau online ya memanfaatkan wifi sekolah, kadang juga ke warnet antara jam 00.00 hingga 06.00 pagi hanya untuk sekedar browsing dan cari jawaban tugas sekolah atau makalah. Karena di jam-jam tersebut ada warnet langganan saya deket kost yang ngasih diskon 50% buat pelajar. Tapi untuk seorang mahasiswa mungkin rada – rada susah ya untuk masalah yang satu ini, karena untuk para mahasiswa banyak tugas dan makalah sobay. Jadi salutt aja deh untuk para mahasiswa.

Cari Pendapatan Tambahan
                                             
Yaa, seperti pengalaman yang saya ceritakan diawal postingan tadi, kita harus bisa memanfaatkan keadaan sekitar dan pandai – pandai mengolahnya. Sebisa mungkin kita harus mengolahnya menjadi suatu hal yang bernilai ekonomis tinggi ya sobatt. Kalu mamng hal ini bisa kalian lakukan mungkin bisa nih untuk menambah pendapatan kalian dan utnuk menghadapi ngenes & sadisnya tanggal tua.

Jangan Lupa Berdoa ,Mintalah Rizqy dari-Nya

Terakhir ini yang paling penting, karena saya muslim, di usahanin memperbanyak sunnah dan berdoa. Supaya di lancarkan rizqy saya dan dikasih kehidupan yang berkah di dunia akherat:), karena hidup ini menurut saya cari yang halal biar menjadi tenang dalam meniti kehidupan , kalau sudah tenang pasti senang , tapi kalau sudah senang belum tentu tenang ya sobat.
Nah..itu adalah beberapa tips dan pengalaman saya yang telah saya bagi dengan seluruh pembaca blog ini untuk mengatasi tanggal tua yang sangat sadis, kalau mahasiswa mahasiswa sekarang asal kreativ pasti enak hidupnya, apalagi fasilitas online sekarang dimana - mana, sebagai contoh bisa beli hemat  Matahari Mall, bisa juga bagi mereka yang hobby cari barang diskon bisa saja ke Promo Matahari Mall bahkan dari mahasiswa udah bisa merintis usaha online. Emang deh kalo di MatahariMall itu banyak promonya setiap hari. Nah kalau di Matahari Mall ini, kalian para mahasiswa bisa mencari & membeli barang dengan keamanan transanksi yang sudah terbukti keamanannya. Jadi tidak usah ragu lagi untuk bertrasanksi di Matahari Mall ya sobat





Oh iya untuk pilihan barangnya sendiri juga beragam lho. Ada banyak pilihan kategori di MatahariMall ini lho sobat Jangan lupa ya mampir ke Mataharimall.com

NB :Tulisan ini diikut sertakan pada Lomba Kompetisi Blogger “Cerita di Tanggal Tua” Dari Matahari Mall.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment